100x60 Ads



Membuat Sitemap Blogger Lebih Human Friendly

     Sebuah sitemap berfungsi untuk memudahkan navigasi robot search engine semacam googlebot untuk melakukan index terhadap setiap halaman yang terdapat dalam blog. Di blogspot, sitemap sudah secara otomatis tercipta ketika anda pertama kali membuat blog dan melakukan submit feed blog diGoogle Webmaster. Hanya ketika anda ingin setting tambahan, maka anda perlu masuk ke google webmaster dan melakuan edit dibagian robot.txt.

     Sebuah sitemap seharusnya dibuat untuk dua fungsi yaitu untuk robot dan satu lagi untuk manusia. Mengapa sitemap juga penting untuk manusia? Karena sama seperti robot, untuk memudahkan manusia untuk melihat-lihat semua isi dari halaman blog tersebut. Untuk itu sitemap harus juga mengutamakan kenyamanan dan kemudahan dibaca oleh manusia, istilah lazimnya human friendly.

     Sekali lagi, sitemap blogger harus dibuat lebih mudah dibaca, dilihat, dan dicari. Sehingga apabila terdapat pengunjung yang hendak mencari sebuah artikel, mereka akan dengan mudah menemukannya hanya dengan melihat sitemap yang tersedia. Untuk itu, sitemap blogger sebagai alternatifnya bisa dibuat berdasarkan kategori label, sehingga sitemap bisa terbentuk seperti sebuah index dalam buku. Anda sudah mempunyai gambaran tentang ini kan?

     Bloggerafif sangat memberikan apresiasi terhadap blogger Indonesia yang telah dengan kreatif menciptakan sitemap semacam ini. Dia adalah Abu farhan, yang telah menciptakan sebuah kode javacript toc (table of content) yang kemudian dimodifikasi css dan memasukkan feed kedalamnya sehingga bisa dijadikan sitemap blog. Sitemap blogger hasil buatannya menjadi lebih mudah terbaca, dan mudah mencari sebuah artikel sesuai kategori.

     Bagaimana membuat membuat sitemap blogger lebih human friendly?

Untuk membuatnya berikut ini tips trick blogger yang bisa anda ikuti step dan stepnya :
1. Login ke dasboard blogger.
2. Masuk ke tab posting dan pilih edit pages, lalu new page.

Membuat Sitemap Blogger Lebih Human Friendly

3. Masuk ke bagian edit html, dan paste kode berikut ini.

<script src="http://sitemap-bloggerafif.googlecode.com/files/sitemap.js">
</script>
<script src="http://www.bloggerafif.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>

ganti kode http://www.bloggerafif.com/feeds/posts/default dengan url feed blogger blogspot anda, sepertinamabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default

Membuat Sitemap Blogger Lebih Human Friendly

4. Jangan lupa berikan judul dan simpan page tersebut.


     Hasilnya bisa anda lihat seperti sitemap bloggerafif. Karena fungsi utama sitemap adalah supaya lebih human friendly, maka sitemap ini juga mesti mudah ditemukan oleh pengunjung blog, dan mudah untuk mengaksesnya. Untuk itu anda bisa mengatur penempatan sitemap di bagian navigasi blog, atau dibagian header blogger anda. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar